Saturday, March 27, 2010

Referral, satu keharusan dalam cari dolar

REFERRAL. Saya yakin shobat hanya cari dolar dah pernah dengar bahkan terbiasa dengan kata itu. Secara ringkas, pengertian referral adalah mendapatkan referensi ato rekomendasi dari seseorang terhadap temennya ato kenalannya sehubungan dengan penawaran suatu produk (barang ato jasa).
Dalam dunia bisnis baik bisnis online maupun bisnis offline, (masih ingat kan tentang emailcashpro, sjgn up to paid dan beberapa program bisnis online termasuk dari lokal seperti mraction club, rahasia website , formula bisnis dan sebagainya),  referral ini sangat membantu meningkatkan omset penjualan. Kenapa? Ya, karena biasanya orang akan lebih percaya pada seseorang yang telah ia kenal daripada yang belum sama sekali, sehingga pihak pemilik produk lebih senang memilih program referral untuk memperkenalkan produknya pada orang lain. Tentu dengan memberikan komisi bagi orang yang telah berhasil merekomendasikan produknya kepada orang lain. Baik dengan dolar  jika anda ikut program cari dolar maupun dengan rupiah atau komisi yang lain. Besarnya? Tergantung dari pemilik produk.
Bagaimana mencari referral? 






Mencari referral bisa dilakukan secara online maupun offline. Berikut salah satu langkahnya:
Gunakan telepon ataupun HP.
Langkah pertama, liatin aja phone book di HP. Hitung ada berapa banyak temenmu. Mulai...1, 2, 10, 20, 100, 200, 500, 1000......nah kaget kan....ternyata temen kita banyak banget. Ambil misalnya 200 orang saja....kemudian di sort sesuai kemungkinan berhasilnya (menurut kita). Nah hubungi deh tuh temen2 yang sudah di sort... hasilnya pasti luar biasa. 

Selanjutnya jangan lupa bahwa yang juga sangat penting adalah temennya temen kita. Kalo tadi kita sudah membuat list 200 temen kita, bayangkan bahwa dari 200 tersebut akan bermultiplier menjadi segudang yaitu (200 x 200 = 40.000,-).....Can you imagine that...? Seandainya kita bukan yang bertanggung jawab secara langsung terhadap penjualan produk, kita juga masih dapat membantu perusahaan kita menjual produk dengan memberikan referral. Hanya saja dalam memberikan referral, jangan katakan temui aja si A ato si B, karena biasanya orang yang kita referralkan gak jadi menemui orang yang kita tunjuk karena gak kenal. Anggap saja Anda sebagai orang yang tepat untuk menjelaskan kepada temen Anda tentang produk perusahaan, dan seadainya Anda tidak memahami seluruh fitur dan benefit produk, maka langkah terbaik adalah membawa langsung temen tersebut kepada orang yang memahami/menangani.

Cara yang lain, ajak 10 teman untuk saling kerjasama yang saling menguntungkan (win-win solution)
Caranya : Daftarlah sebuah PPC atau PTC atau apa saja program yang membayar bagi seorang yang bisa  mereferensikan suatu produk atau program. Lalu ajaklah 10 teman kamu. Dan masing-masing memiliki program tersebut. Konkritnya seperti ini.



Misal ada 10 orang,1 orang daftar di 1 PTC dan yang 9 orang menjadi referallnya,begitu juga sebaliknya 1 orang lagi daftar di PTC lain trus yang 9 orang jadi referallnya.
Contoh : Saya join di Neobux, 9 orang jadi referall saya,trus ada dari anda join di PTC lain misalnya KlikRupiah,saya jadi referall anda. Begitu seterusnya hingga sepuluh orang dan masing-masing orang menjalankan semua bisnis yang menyertakan program referral tersebut. Gimana Anda setuju? Atau ada cara lain? 

2 comments:

  1. sewa refferal oke juga mas. tapi usahakan cari program ptc yang jauh dari scam.

    ReplyDelete
  2. wah kalu sewa harus pertimbangkan hasil dan biaya sewa, ya to mas? Mungkin yang lain ada yang ada ide...?

    ReplyDelete

peluang bisnis

Inilah Revolusi Dasyat Cara Cari Dolar

Tool Analisa Perkembangan web/ blog

seo tools

Is your web page optimized? Test it now:

  URL:
(Example: www.domain.com)
  Keyword: