Saturday, February 27, 2010

Valensi, Total Kapasitas Diri

Banyak orang menyangka bahwa keberhasilan usaha, baik dalam dunia bisnis maupun dunia pendidikan lebih banyak dipengaruhi oleh bakat turunan (gen). Akibat dari pandangan ini adalah munculnya sikap pesimis di kalangan orang-orang yang memang nenek moyangnya (keturunannya) tidak atau bukan termasuk orang yang berhasil. Mereka menyerah begitu saja. Menyerah kalah dan enggan untuk berusaha. Benarkah keberhasilan ditentukan oleg faktor keturunan? Dan benarkan kemampuan seseorang mencapai keberhasilan berbanding lurus dengan faktor gen?

Dalam dunia motivasi ada istilah valensi, yaitu total kapasitas yang dimiliki seseorang. Valensi seseorang berbeda-beda. Valensi ini akan mempengaruhi dan menentukan kualitas hasil kerja seseorang dan berimbas pada tingkat kesuksesannya. Seorang enterpreneur dari Infokus, Fatahillah pernah mengatakan bahwa valensi seseorang dipengaruhi oleh 2 hal yaitu faktor lingkungan dan faktor genetik.
Dari dua faktor itu faktor lingkunganlah yang paling banyak mempengaruhi, yaitu sekitar 80%. Berarti faktor genetik hanya 20 %.
(Stop) Jangan menyalahkan lingkungan dulu ketika hari ini Anda belum berhasil dalam usaha (bisnis)
Ingat bahwa faktor lingkungan di dalamnya termasuk lingkungan rumah, masyarakat dan tempat tinggal kit. Sehingga jika anda ingin meningkatkan valensi Anda menjadi keharusan untuk membuat linkungan Anda mendukung semua target usaha Anda. Perbaikan lingkungan bisa Anda mulai dari dalam diri  sendiri, seperti keuletan dan keseriusan serta pantang menyerah. Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia bisnis online perlu diperhatikan bahwa masa kritis Anda berada pada masa tiga sampai tiga  bulan. Artinya, jika pada masa itu Anda sudah loyo maka bisa ditebak Anda tidak berbakat dan memang tidak ingin serius atau fokus di dunia bisnis online. Tetapi jika pada 3 bulan pertama Anda masih semangat dan selalu meningkatkan kemampuan diri, maka keberhasilan pasti akan Anda dapatkan. Setelah faktor pribadi (individu) mulailah memperbaiki lingkungan rumah, dan sekitarnya . Ubah agar mereka tidak membuat Anda putus asa dalam target anda berbinis online.

Ok, lebih lengkapnya inilah hal-hal yang harus dihindari agar keberhasilan selalu berpihak pada Anda:
  1. Tidak Fokus. Ini akan sangat melelahkan. Kenapa? Ya, kalau kita tidak fokus dan selalu disibukkan keinginan mendapatkan informasi bagaimana berbisnis online, maka Anda akan senantisasa dibanjiri oleh informasi. Dan jika setiap infornasi Anda cermati, di samping waktu anda akan banyak tersita, Anda akan mengalami kebingungan dengan banyaknya informasi yang beraneka ragam. Maka Tidak Fokus menjadi kendala pertama Anda dalam memanejemen waktu.
  2. Tidak membuat Goal Setting. Goal setting sangat penting. Karena dia akan mengarahkan kita pada kerja yang efektif dan effisien dan juga akan membantu kita fokus dalam kerja.
  3. Mengulang dan selalu mengulang. Ada seorang yang bertanya kepada saya, sudah hampir tiga bulan ia menekuni bisnis online, tetapi belum menghasilkan sepeser uang pun. Lalu ketika saya tanya apa yang sudah dikerjakan, dia jawab bahwa dia sudah melakukan promosi dan promosi. Saya pun kembali bertanya, gimana promosi yang dia lakukan, ternyata dari hari ke hari model dan cara dia berpromosi selalu sama. Artinya dia melakukan satu kegiatan yang diualang - ulang hingga 3 bulan. Inilah yang menyebabkan kemampuan dia tidak bertambah sehingga kreativitaspun tidak  bisa ia lakukan.
Tiga hal tersebut di ataslah yang sering dilakukan oelh pebisnis online pemula. Karenanya, jika anda ingin serius di bisnis online saatnya ada meningkatkan valensi Anda dan segera fokus dengan goal settinmg Anda serta tingakatkan kemampuan bisnis online anda dengan menghindari pengulangan yang tidak mendatangkan manfaat dan kemajuan.

No comments:

Post a Comment

peluang bisnis

Inilah Revolusi Dasyat Cara Cari Dolar

Tool Analisa Perkembangan web/ blog

seo tools

Is your web page optimized? Test it now:

  URL:
(Example: www.domain.com)
  Keyword: